Selasa, 22 November 2016

Alasan Anime Jepang Jarang Tayang Di Indonesia


Banyak sekali teman-teman saya yang bertanya kepada saya, kenapa sekarang anime jepang jarang tayang di TV? Kok enggak seperti dulu? Dimana mulai pagi sampek siang full film animasi jepang?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut cukup membingungkan juga. Akan tetapi saya mendapatkan beberapa info dari teman-teman yang saya mintai pendapat dan mendapatkan hasil sebagai berikut:


1. Kebanyakan Anime Tidak Lulus Sensor
Alasan ini mungkin menjadi alasan yang begitu jelas dimata pencinta anime. Mengingat kebanyakan anime yang memiliki kualitas yang bagus dibumbui dengan scane yang lumayan berani. Selain itu budaya dari indonesia sendiri yang berbeda dibandingkan di jepang sehingga anime yang di nilai Layak di tayangkan di TV jepang belum tentu layak juga di TV indonesia.

Selain alasan scane yang berani, adegan kekerasan seperti kebanyakan film yang ada di animasi jepang juga menjadi alasan kenapa anime jepang jarang yang lulus sensor. dulu onepice pernah tayang, akan tetapi di stop karna alasan tersebut.

Menanggapi masalah tersebut, sebenarnya anime onepiece sendiri diperuntukan untuk remaja. Bukan untuk anak anak. Sehingga beberapa adegan kekerasan tersebut sebenarnya bisa dimaklumi mengingat anime tersebut memang untuk remaja. Nah yang jadi masalah adalah jarang yang memahami bahwa anime tersebut adalah anime untuk remaja. sehingga orang orang cenderung memukul rata bahwa anime adalah tontonan untuk anak anak. Untuk tambahan anda bisa baca (Orang dewasa liat anime itu normal)

Anime yang diperuntukan untuk anak anak contohnya seperti doraemon. Doraemon memiliki hal positif yang dapat di contoh seperti Jujur, Suka Menolong Dan Yang Lebih Menonjol Adalah Tidak Pernah Putus Asa, Pantang Menyerah, Lihat Saja Contoh Karakternya Di Anime Anime Yang Sudah Tayang Di Indonesia Seperti: Naruto, Luffy, DLL. Jika Kita Perhatikan, Plot Dari Serial Anime Kebanyakan Seperti Ini: Tokoh Utama Muncul Dengan Memiliki Kemampuan Khusus Yang Tidak Disadari'nya, Memiliki Teman Dekat Yang Loyal, Memiliki Seorang Penggemar Yang Mencintai Tokoh Utama, Tokoh Utama Memiliki Cita Cita Untuk Menjadi 'Orang Yang Hebat'. Muncul Musuh, Kemudian Tokoh Utama Bertarung Dengan Musuh dan Kalah, Dia Berlatih Untuk Menjadi Lebih Kuat Dengan Semangat 'Tidak Pantang Menyerah' Untuk Mengalahkan Musuh Tadi. Tokoh Utama Menjadi Lebih Kuat Dan Akhirnya Bisa Meraih Cita Citanya. Tidak Percaya Dengan Plot Tersebut? ,Bandingakan Dengan Anime Yang Terkenal Yang Pernah Tayang Di Indonesia Seperti: Captain Tsubasa, Naruto, Slam Dunk, Shoot, Dll. .Meskipun Plotnya 'Sama' Tetapi Cara Membungkusnya Menarik, Sehingga Tampak Tidak Membosankan.

Sebenarnya anime memiliki banyak sisi positif daripada negatifnya. sebagai contoh film "Bakuman". film tersebut bererita tentang kerja keras, dan tidak pantang menyerah.. untuk lebih jelas, tonton sendiri dah... santai aja.. itu film anime jepang remaja yang tidak ada scane horor kok.. hehe.. saya fikir anime tersebut lebih baik daripada acara talk show atau gosipin tetangga yang gak ada habisnya.. bahkan film anime untuk anak-anak jauh lebih baik dari acara gosip-gosip...

Dan lucunya, Pernah ada kejadian lucu saat saya menonton anime. Pada saat itu ada adegan dimana seorang di film spongebob memegang pisau. Dan anehnya pisau tersebut malah disensor. Bukankah hal ini cenderung lebai?

2. Harga dari Ijin Penayangan yang lumayan mahal
Ini alasan selanjutnya kenapa anime jepang tidak tayang di indonesia. hal ini karena biaya dari izin pemutaran anime yang lmayan mahal. Biaya dari ijin pemutaran anime berkisar 10 yen atau 11 milyar.. itupun hanya satu episode.. nah tau sendiri dalam 1 season biasanya terdapat 12 atau 13  episode.. tinggal dikalikan 13 aja dah.. 130 milyar.. Salah Satu Alasan Kenapa Mahal Adalah Karna Anime Dibuat Dari Gambar Tradisional/Tangan/Manual 'Original Work' Yang Kemudian Di Animasikan. Berbeda Dengan Animasi 3D Ala Hollywood Yang Design'nya Menggunakan Computer. Oleh karena itulah pihak perusahaan TV hanya menayangkan anime dengan biaya terjangkau dan anime lawas yang biasanya harga dari anime tersebut menurun.

3. Berganti trend
Untuk masalah berganti trend, teman teman bisa melihatnya sendiri.. dulu adalah jamanya anime jepang. Dimana anime jepang melekat dihati anak anak. Tapi semua berubah sejak film korea dan boy band/girl band  korea menyerang. mulai dari pakaian, nama FB, terus musik yang di dengar.. semua berubah ke arah korea...

Hal ini dapat dilihat langsung.. dimana di TV banyak sekali di gembar gemborkan band korea dan bahkan ada yang membentuk band seperti band korea.. hadooohh…. Padahal kalau dilihat secara umum dan jujur, 80% penikmat band korea lebih menikmati penampilan cowok yang keren dan cewek yang seksi dimana roknya sangat tinggi bahkan hampir tidak bisa ditinggikan lagi. Iya gak? kalau sudah seperti itu, mana nilai seninya???
Yah meskipun begitu , kita harus tetap menghormati penggemar band korea. Tidak perlu diperdebatkan. Meskipun saya secara jujur bilang tidak tau positifnya. Mungkin untuk positifnya bisa anda tanyakan langsung ke penggemarnya.. mungkin membuat kita bisa seperti boy band atau apalah gitu… hahah… OK lanjud..!!!

4. Perusahaan TV lebih mementingkan keuntungan perusahaan
Tujuan Utama Mereka Adalah Mencari Keuntungan, Tentu Saja Mereka Hanya Menayangkan Acara Yang Sekira'nya Menguntungkan Mereka, Mereka Bisa Melihat Pasar Di Indonesia Yang Strategis dimana Tayangan Drama Korea, Acara Gossip, Dan Lain'nya Yang Sekira'nya Menguntungkan Mereka. Mereka Melihat Hal Berbau Jepang Seperti Anime Sudah Mulai Reda Dan Sedikit Peminat'nya, Jadi Untuk Apa Mereka Menayangkan Anime Yang Katanya Sudah Sedikit Peminat'nya? ,Jangan Heran Kalau Saat Ini Lebih Mudah Menemukan Drama Korea Daripada Anime! .Kembali Ke Alasan No. 2 ,Kenapa Mereka Mampu Membeli Lisensi Drama Korea Yang Terkenal Dan Mahal Daripada Membeli Lisensi Anime? .Sebaik'nya Kita Berkaca Pada Diri Sendiri Karna Kita'lah Konsumen 'Pasar' ,Mereka Hanya Menayangkan Apa Yang Lebih Di'inginkan Mayoritas Konsumen, Coba Lihat Disekitar Kita Mulai Dari Anak Kecil Sampai Tante Tante, Semua Menyukai K-Pop Dan Drama Korea, Bahkan Di'internet Apalagi, Mudah Menemukan'nya, Username Akun Jejaring Social Yang Menggunakan Huruf Korea Juga Bahasa Yang Digunakan, Jaman Memang Sudah Berubah, Semua Punya Waktu'nya Masing Masing, Sama Dengan Jaman Film India Dan Telenovela Yang Sudah Kandas, Saya Pikir Ada Saat'nya Musim Korea Ini Akan Berganti zaman Lain, Apalagi Selanjut'nya? Mungkin Krisna akan Berjaya.. heheh…

Kalau menurut penilaian saya, film animasi jepang ketika di tayangkan di TV, piminatnya sudah jauh berkurang dibandingkan dulu. Hal ini karena pecinta anime lebih memilih download dari internet melalui beberapa web yang menyediakan nonton secara online dan download langsung dari PC.

Jadi kesimpulanya, Para pencinta anime saat ini sangat kreatif dibandingkan dulu... anime jepang ditayangkan di TV atau tidak, pencinta anime masih bisa menikmati anime jepang yang keren dan bahkan lebih lengkap tanpa potongan iklan dan lain-lain.
Untuk link tempat download anime dapat anda bisa ke animeindo.tv animeindo.co.id anime kompi dan masih banyak  lagi tempat download yang dapat kalian kunjungi.

Ini sebenarnya Reupload dari postingan di blog sebelumnya... jadi sorry ya... heheh....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar